Hii, kamu yang lagi sibuk melengkapi persyaratan CPNS 2018. Masih bingung gimana cara membuat SKCK untuk persyaratan CPNS? Dalam postingan ini saya akan berbagi cara membuat SKCK di kabupaten Sukabumi untuk keperluan CPNS seperti yang saya lakukan beberapa waktu lalu.

Loket SKCK Satuan Intelkam Polres Sukabumi
Loket SKCK Satuan Intelkam Polres Sukabumi Pelabuhan Ratu.

Apa itu SKCK? menurut Peraturan Kapolri Nomor 18 Tahun 2014, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) adalah surat keterangan resmi yang dikeluarkan oleh Polri kepada seorang pemohon atau warga masyarakat untuk memenuhi permohonan dari yang bersangkutan atau suatu keperluan karena adanya ketentuan yang mempersyaratkan, berdasarkan hasil penelitian biodata dan catatan Kepolisian yang ada tentang orang tersebut.

 

Berikut cara membuat SKCK di kabupaten Sukabumi untuk keperluan CPNS.

Persyaratan SKCK di Polres Sukabumi
Persyaratan SKCK tertera dengan jelas di dinding.

Langkah pertama adalah siapkan persyaratannya.

Persyaratan membuat SKCK Warga Negara Indonesia (WNI) untuk keperluan dalam negeri sebagai berikut:

  • KTP asli untuk ditunjukkan saja;
  • Fotokopi KTP;

atau fotokopi kartu identitas lain bagi yang belum memenuhi syarat untuk mendapatkan KTP;

  • Fotokopi Kartu Keluarga;
  • Fotokopi Akte Kelahiran/ Kenal Lahir;
  • Pas foto ukuran 4x6cm sebanyak 5 lembar;

Latar belakang merah, berpakaian sopan, tampak muka, dan bagi pemohon yang mengenakan jilbab, pas foto harus tampak muka secara utuh. Pas foto sebaiknya dibuat dan dicetak di studio foto agar hasilnya jelas dan kualitas cetak foto nya bagus, tidak buram seperti foto dari handphone dan dicetak di printer biasa.

Persyaratan membuat SKCK Warga Negara Indonesia (WNI) untuk keperluan keluar negeri sebagai berikut:

  • KTP asli untuk ditunjukkan saja;
  • Fotokopi KTP;

atau fotokopi kartu identitas lain bagi yang belum memenuhi syarat untuk mendapatkan KTP;

  • Fotokopi Kartu Keluarga;
  • Fotokopi Akte Kelahiran/ Kenal Lahir;
  • Pas foto ukuran 4x6cm sebanyak 5 lembar;

Latar belakang merah, berpakaian sopan, tampak muka, dan bagi pemohon yang mengenakan jilbab, pas foto harus tampak muka secara utuh. Pas foto sebaiknya dibuat dan dicetak di studio foto agar hasilnya jelas dan kualitas cetak foto nya bagus, tidak buram seperti foto dari handphone dan dicetak di printer biasa.

  • Fotokopi paspor, tambahan bagi pemohon yang akan keluar negeri. SKCK diterbitkan oleh Polda Jawa Barat.

Persyaratan membuat SKCK bagi Warga Negara Asing (WNA):

  • surat permohonan dari sponsor, perusahaan, atau lembaga yang memperkerjakan, menggunakan, atau yang bertanggung jawab kepada WNA;
  • fotokopi paspor;
  • fotokopi Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP); dan
  • Pas foto berwarna ukuran 4 x 6 cm sebanyak 6 (enam) lembar, yang digunakan untuk:

Latar belakang kuning, berpakaian sopan, tampak muka, dan bagi pemohon yang mengenakan jilbab, pas foto harus tampak muka secara utuh.

Langkah kedua adalah datang ke kantor pelayanan SKCK pada jam operasional.

Jam Operasional Pelayanan SKCK di Polres Sukabumi:

Senin-Jum’at       : pukul 8.00 s.d 15.00 WIB

Sabtu                     : pukul 8.00 s.d 12.00 WIB

Dimana kita membuat SKCK?

Berdasarkan Pasal 4 PERKAP No.18 Tahun 2014, kewenangan penerbitan SKCK sesuai tujuan keperluannya dilakukan pada tingkat berikut:

1. Unit Intelkam Kepolisian Sektor (Polsek) digunakan untuk kelengkapan persyaratan:

  • Menjadi calon pegawai pada perusahaan/Lembaga/badan swasta
  • Melaksanakan kegiatan atau keperluan dalam lingkup wilayah Polsek, antara lain: pencalonan kepala desa, pencalonan sekretaris desa, pindah alamat, melanjutkan sekolah.

2. Satuan Intelkam Kepolisian Resor (Polres) digunakan untuk kelengkapan persyaratan:

  • Pencalonan menjadi anggota legislatif dan pimpinan daerah di tingkat kabupaten/kota.
  • Menjadi calon pegawai pada lembaga/badan/instansi pemerintahan dan perusahaan vital yang ditetapkan oleh pemerintah
  • Masuk pendidikan yang diselenggarakan oleh pemerintah untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Polri.
  • Melaksanakan suatu kegiatan atau keperluan dalam lingkup wilayah Polres, antara lain: pencalonan pejabat publik, melengkapi persyaratan izin kepemilikan Senjata Api nonorganic TNI dan Polri, atau melanjutkan sekolah.

3. Direktorat Intelijen Keamanan (Ditintelkam) Kepolisian Daerah (Polda) digunakan untuk kelengkapan persyaratan:

  • pencalonan menjadi anggota legislatif atau pimpinan kepala daerah di tingkat provinsi,
  • menjadi calon pegawai atau calon anggota pada lembaga/ badan/instansi pemerintahan dan perusahaan vital yang ditetapkan oleh pemerintah.
  • memperoleh paspor dan/atau visa.
  • WNI yang akan bekerja di luar negeri.
  • melaksanakan suatu kegiatan atau keperluan dalam lingkup wilayah Polda, antara lain: menjadi notaris, pencalonan pejabat publik; atau melanjutkan sekolah.

4. Baintelkam Markas Besar (Mabes) Polri digunakan untuk kelengkapan persyaratan:

  • pencalonan Presiden dan Wakil Presiden
  • menjadi pejabat negara (eksekutif, legislatif, yudikatif, dan lembaga pemerintah) tingkat pusat.
  • WNI yang akan ke luar negeri untuk kepentingan sekolah atau kunjungan dan/atau penerbitan visa;
  • WNI dan WNA yang memerlukan untuk melaksanakan kegiatan atau keperluan tertentu dalam lingkup nasional dan/atau internasional antara lain: izin tinggal tetap di luar negeri (permanent resident), naturalisasi kewarganegaraan, adopsi anak bagi pemohon WNA.

Jadi untuk keperluan daftar CPNS, saya cukup datang ke Satuan Intelkam Polres Sukabumi, yang beralamatnya di Jl. Sudirman 12, Pelabuhan Ratu, Sukabumi.

Berapa lama proses pembuatan SKCK? Standard Waktu Penyelesaian SKCK: 1 (Satu) Hari Kerja.

Tanggal 29 September 2018 kemarin saya membuat SKCK selesai dalam waktu kurang lebih 2 jam saja. Terimakasih untuk Bapak-bapak petugas Satuan Intelkam Polres Sukabumi untuk pelayanannya.

Berapa biaya pembuatan SKCK?

Sesuai PP Nomor 60 Tahun 2016, Biaya PNBP Penerbitan SKCK di Satuan Intelkam Polres Sukabumi: Rp. 30.000

Berapa lama masa berlaku SKCK?

Masa berlaku SKCK ditetapkan 6 (enam) bulan sejak tanggal diterbitkan.

Mekanisme Pelayanan SKCK, tarif biaya, dan Jam operasional Pelayanan
Mekanisme Pelayanan SKCK dan Jam operasional Pelayanan.

Bagaimana alur pembuatan SKCK bagi yang pertama kali bikin?

Siapkan persyaratannya yang lengkap, datang ke loket bagian SKCK, menyerahkan persyaratan, lalu petugasnya memeriksa persyaratan yang kita serahkan, Jika ada persyaratan yang kurang/tidak lengkap akan diminta untuk melengkapinya dulu,

Jika sudah lengkap persyaratannya, kita diminta untuk mengisi formulir daftar riwayat hidup. Setelah formulir diisi, bagi yang baru pertama kali membuat SKCK, kita diminta untuk melakukan perekaman rumus sidik jari di bagian identifikasi. Perekaman rumus sidik jari dilakukan dengan dua cara, secara manual di kartu rumus sidik jari (menggunakan tinta) dan secara elektronik menggunakan pemindai digital. Selain itu juga diminta pas foto tampak muka bagian samping kanan dan bagian samping kiri yang pada saat itu tidak saya siapkan. Jadi saya difoto disana dengan tarif biaya seikhlasnya.

Setelah perekaman sidik jari selesai kita kembali lagi ke loket SKCK dan menyerahkan formulir daftar riwayat hidup yang sudah dibubuhi catatan berisi rumus sidik jari dan tanda tangan petugas perekam sidik jarinya. Menunggu beberapa menit. Petugas Satuan Intelkam memanggil kembali nama kita dan meminta kita memeriksa data di SKCK sudah benar apa belum. Jika sudah benar semua, tak ada yang perlu diperbaiki, selamat berarti SKCK nya sudah jadi. Lalu bayar biaya nya Rp. 30.000.

Jika kita memerlukan fotokopi SKCK yang dilegalisir, berarti kita harus memfotokopi nya dahulu, dan kembali lagi untuk melegalisir.

Biaya melegalisir per satu lembar SKCK: Rp.1000

Lalu bagaimana jika kita sudah memiliki SKCK dan ingin memperpanjang masa berlakunya? Menurut https://www.polri.go.id/layanan-skck.php berikut cara memperpanjang masa berlaku SKCK:

  1. Membawa lembar SKCK lama yang asli/legalisir (maksimal telah habis masanya selama 1 tahun).
  2. Membawa fotokopi KTP/SIM.
  3. Membawa fotokopi Kartu Keluarga.
  4. Membawa fotokopi Akta Kelahiran/Kenal Lahir.
  5. Membawa Pas Foto terbaru yang berwarna ukuran 4×6 sebanyak 3 lembar.
  6. Mengisi formulir perpanjangan SKCK yang disediakan di kantor Polisi.

Gimana sudah terbayangkan bagaimana caranya bikin SKCK di Sukabumi untuk keperluan melengkapi persyaratan CPNS?

Sumber:

Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia No.18 Tahun 2014 Tentang SKCK.

https://www.polri.go.id/layanan-skck.php

Pengalaman Sendiri per September 2018

News Reporter

1 thought on “Cara membuat SKCK untuk Persyaratan CPNS 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *