Lagi ikut seleksi CPNS? Masih bingung cara membuat surat keterangan sehat rohani? sedangkan waktu pengiriman berkas tinggal beberapa hari lagi. Disini saya akan membagikan pengalaman saya beberapa waktu lalu saat membuat surat keterangan sehat rohani di RSUD R. Syamsudin SH, di Sukabumi.

Pengumuman seleksi CPNS tahun ini sudah keluar 19 September 2018 lalu. Pendaftaran online nya sendiri sudah dimulai tanggal 26 September dan akan berakhir hari ini, 15 Oktober 2018. Salah satu persyaratan seleksi administrasi CPNS Arsip Nasional Republik Indonesia tahun 2018 adalah mengirimkan Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani. Hasil pengamatan saya melalui media sosial facebook, twitter, dan grup telegram, banyak yang masih kebingungan cara melengkapi persyaratan administrasi seperti membuat Surat Keterangan Sehat Rohani. Sala satu nya saya. Kala itu saya bingung bagaimana bentuk surat keterangan sehat rohani. Selama ini saya hanya tau tentang surat keterangan sehat jasmani.

Siapa yang mengeluarkan surat keterangan sehat rohani. Apakah psikolog? Atau dokter spesialis jiwa psikiatri? Bagaimana cara membuatnya?

Bagaimana cara mendapatkan surat keterangan sehat rohani?

Cari informasi dimana RSUD terdekat. Apakah ada poli jiwa (prikiatri) nya. Siapkan biayanya. Jangan lupa bawa identitas diri untuk memudahkan proses pendaftaran.

Seperti apa bentuk surat keterangan rohani?

Gambar berikut adalah contoh surat keterangan sehat rohani.

Surat Keterangan Sehat Rohani
Surat Keterangan Sehat Rohani

Dimana membuat surat keterangan rohani?

Surat keterangan sehat rohani dibuat di Poli Jiwa (Psikiatri) yang mengeluarkan adalah dokter spesialis Jiwa.

Sesuai dengan persyaratan yang diajukan oleh Arsip Nasional Republik Indonesia pelamar harus membuat surat keterangan sehat Rohani di unit kesehatan pemerintah. Yang mana itu artinya di fasilitas kesehatan milik pemerintah seperti Puskesmas, dan Rumah Sakit Umum. Di daerah tempat saya tinggal ada dua rumah sakit umum yang cukup dekat, RSUD Sekarwangi, bisa ditempuh perjalanan ±10 menit naik angkutan umum. Satu lagi RSUD R. Syamsudin SH atau lebih dikenal dengan RS Bunut, bisa ditempuh dengan perjalanan ±1 jam naik angkutan umum.

Berapa biaya yang dikeluarkan?

Di RSUD R. Syamsudin SH (RS Bunut) Rp.170.000

Berapa lama proses membuat surat keterangan rohani?

Tergantung kebijakan masing-masing RS, bisa berbeda-beda. Di RSUD R. Syamsdin SH, bisa selesai dalam satu hari kerja.

Sebagai gambaran, hari itu saya berangkat ke RSUD R. Syamsudin,SH (RS Bunut) pagi-pagi sekali naik ojek online. Kang ojek menurunkan saya di pintu masuk untuk keluarga pasien rawa inap yang mau besuk. Jadi saya setengah berlari mencari-cari tempat pendaftaran ke Poliklinik Jiwa. Untuk mempersingkat waktu saya minta petunjuk ke beberapa orang yang berpapasan di koridor RS, mulai dari sekuriti, petugas kebersihan, perawat dll. Sempat nyasar kesana kemari. Tiba lah di bagian pendaftaran di Gedung H. M. Muraz. Lalu menemui bapak-bapak petugas yang membagikan kartu antrian. Saya celingukan melihat-lihat sekitar. Ruang pendaftarannya cukup tenang, gak banyak orang yang antre. Baru duduk beberapa saat, saya sudah hampir mau dipanggil. Antrian nya hanya 2 orang sebelum saya. 2 orang setelah saya. Sebelum keburu dipanggil ke loket pendaftaran saya nanya dulu ke bapak petugas yang tadi ngasih nomor antrian.

Bapak itu ngasih tau kalau untuk membuat surat keterangan sehat rohani saya harus datang dan daftar di Gedung Centra Diagnostik. Bukan ke pendaftaran di Gedung H.M. Muraz.

Saya bergegas ke Centra Diagnostik, tadaaa… gedungnya sepi banget. Kosong melompong, belum ada orang satu pun, selain saya. Perawatnya pun gak ada. Baru muncul seorang perawat saat saya bilang permisi.

Ibu perawatnya baik dan ramah sekali. Saat saya utarakan tujuannya saya kesana untuk membuat surat keterangan Sehat Rohani untuk persyaratan CPNS. Ia langsung faham. Ia meminta saya menyerahkan KTP dan langsung memproses pendaftaran.

Kebetulan saat itu saya kebelet pipis, dan ikut numpang pipis dulu di toilet Gedung Centra Diagnostik. Saat saya keluar toilet, sudah ada sepasang suami istri yang ingin mendaftar tapi, saya dilayani duluan. Mungkin karena datang duluan.

Saya langsung bayar biaya test kesehatan rohani, sebesar Rp.170.000

Kemudian mulai mengerjakan soal test diruangan lain. Hanya butuh waktu sebentar. Pukul 8:19 pagi saya sudah selesai mengerjakan soal test. Menunggu hasil test sambil mencoba password wifi gratis di Gedung Centra Diagnostik. Kemudian dipanggil untuk wawancara dengan dokter spesialis Jiwa di poli jiwa yang tadi ketika datang dan nyasar saya lewati.

Tadaa… surat keterangan sehat rohani untuk persyaratan CPNS jadi pada pukul 10.00 WIB.

Penutup

Jadi membuat surat keterangan sehat rohani itu di dokter spesialis jiwa, di Poli Jiwa (Psikiatri).

Saya sangat terkesan dengan pelayanan di RSUD R. Syamsudin SH (RS Bunut). Pelayanannya cepat, petugasnya ramah dan sigap. Bagian pendaftarannya nyaman dan bersih. Semoga kedepannya terus bisa lebih baik. Saya ucapkan terimakasih atas pelayanannya yang keren.

Semoga informasi ini bermanfaat.

News Reporter

2 thoughts on “Bagaimana Cara Membuat Surat Keterangan Sehat Rohani?

  1. Kak, boleh tanya kenapa memutuskan bikin di bunut dan bukan di sekarwangi? Kakak tau gak perbandingan biayanya? Kebetulan saya mau bikin jg. Makasih infonya 😊

    1. Maaf kak baru balas, baru buka lagi website.
      Sehari sebelumnya saya nyobain ke Sekarwangi tapi, di Sekarwangi waktu itu gak bisa proses. Kata perawatnya karena pasien klinik jiwa nya lagi banyak (jadi melayani pasien lebih diutamakan daripada test bikin surat keterangan sehat rohani). Di Sekarwangi, antrian pendaftarannya lama sekali. Saya antri dari jam 9.48 baru bisa k klinik jiwa nya jam 12 lewat. Kalau gak salah, biaya nya katanya sekitar 300rbu-an, agak lupa nominal pastinya. Oiaa, info dari perawatnya kalau mau bikin surat keterangan sehat rohani di Sekarwangi harus datang pagi-pagi sekali.

      Di RS Bunut proses pendaftarannya cepat, hasil test bisa selesai satu hari kerja. Biaya test nya juga lebih murah hanya Rp.170.000 per tanggal 2 Oktober 2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *